Selasa, 03 Januari 2012

bikin SIM


Kemaren abis ngomong ke papa, “pa, besok aku bikin SIM ya?”
Papa bilang : “emang umurnya udah berapa?”
Aku : “18 pa, mau 19”(dalam hati, masa papa gak tau? Ngikk..ngikk.. eh, hiks..hiks..)
Papa : “iya, senin ya”.
Akhirnya besok pun gue berangkat dengan abang sepupu gue. Pas ketemu abang, abang juga nanya? “umurnya berapa”?
Hufftt.. pertanyaan yang sama, gue nyadar tingkat tinggi kalo di liat pake sedotan tampang gue tu masih imut, (jiaaah) jadi harus tanya-tanya umur segala, soalnya gue paling anti kalo ditanya umur karena disetiap kelas yang gue hinggapi(gue kayak lalat aja) gue  selalu yang paling kecil. (emang nasib jadi anak kecil) tapi yakinlah urusan umur aku sudah memenuhi kategori. Hmm..
Pertama, buat dapet SIM kita harus dapet sertifikat dulu. Gue gak tau diajak abang kekantor apa, gue juga lupa and juga gak ada niat buat baca plang nama kantornya, yang jelas pas masuk.. yang pertama gue liat adalah kursi panjang buat tempat duduk ngantri, satu buah meja pelayanan dan 3 buah kursi. Menurut gue, kantor ini sama kayak kantor-kantor agen perjalanan gitu, cuma bedanya disekeliling ruangan ini dihiasi aksesoris gambar rambu-rambu lalu lintas.
Abang gue duduk berhadapan dengan kakak-kakak yang melayani tersebut, kita sebut saja kakak itu kakak pelayan (KP) (wkwkw, jahad) dan gue pun duduk disebuah bangku disamping abang. Setelah memperlihatkan KTP, tibalah seksi tanya jawab antara aku dan KP, yang dihadiri saksi mata abang sepupu gue sendiri + abang-abang yang sepertinya juga mau dapet sertifikat buat ngurus SIM.
KP : “Adek rambu-rambu udah ngerti?”
Gue : (*pikiran masih ngelantur) “hehe”, gue ketawa cengengesan. “insyaallah kak”.
Sepertinya gaya gue kurang meyakinkan yang mengakibatkan kakak itu pun berdiri dan mengeluarkan jurus andalannya untuk segera menguji nyali gue, apakah gue pantas buat dapet tu sertifikat. Jurus andalannya dinamai jurus spidol melenggak-lenggok. Selintas, jurus itupun keluar. Dengan spidol merahnya, ia pun melenggak-lenggokkan spidol tersebut di atas poster bergambar rambu-rambu lalu lintas dan mengambil ancang-ancang untuk segera memangsa gue idup-idup. Gue keringat dingin, darah mengucur dari idung gue, dan gue menciut… (lebay)
KP : “yang ini, APA ARTINYA”? (sembari menunjuk gambar rambu lalu lintas dan menatap tajam kearah tampang gue yang imut) pertanyaan ini membahana disekeliling ruangan ini, menggema berulang-ulang.. apa..apa..apa begitulah gema bunyinya. Seharusnya nya..nya..nya..
Bodo amat, lupakan.
Gue : “ng.. ng..”
Oh, tidak! Ini adalah sebuah pertarungan maha dahsyat yang mempertaruhkan harga diri gue. Gue harus menyelamatkan nasib ribuan orang lainnya yang juga ingin membuat SIM(apa hubungannya coba). Gue juga harus mengeluarkan jurus jitu gue yang sempat gue namai, jurus seenak bacot. Gue gak boleh nyerah dihadapan abang  gue. Ini soal harga diri. Doakan aku abang.. aku akan berjuang.
Tapi eitss, tunggu dulu, tenang bang jurus andalan gue ini dapat mengelabui sang lawan.. aku akan berhasil.. aku akan menang.. hiahahaha…
*bersambung
Mau tau kisah selanjutnya? Siapakah yang akan memenangkan pertarungan sengit ini? Apakah noe dengan jurus seenak bacotnya atau sang-KP?
Kita tunggu di episode selanjutnya.. wkwkw
Gak lah, gue bakal lanjutin kok.. karena gue adalah orang imut yang bertanggung jawab dalam mengerjakan semua tugas, baik hati, suka menolong dan rajin menabung uang orang lain (yang ini sedeng).
*Session 2
Hidup ini sungguh tak adil kawan. Wew. Kenapa gue bilang kayak gitu, loe pada tau kan ‘main gambar’, sebuah permainan diwaktu kecil yang kitanya saling tepok, tapi sambil nepok, di tangan kita ada sebuah gambar kecil, atau kalo gak di tepok permainan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kenapa gue bilang gak adil? Karena permainan ini hanya dimainkan oleh sebagian besar anak laki-laki. Dibagian belakang gambar itu terdapat symbol rambu-rambu lalu lintas yang jelas dulu gue gak paham, sekarang pun masih tetap gak paham. Jadi sebenarnya rambu-rambu lalu lintas ini sudah diperkenalkan sejak dini, jauh hari sewaktu kita masih kecil. Tapi sebagai anak cewek yang baik-baik tidak seharusnya lah kita berkewajiban mengetahui symbol-simbol tersebut karena kita jarang memainkan permainan ini. Tapi, karena gue kreatip, gue sedikit banyaknya untung punya pengalaman bermain “gambar” ini, berbekal dari pengalaman inilah gue meladeni pertanyaan itu satu persatu. (mengandalkan ingatan masa lalu)
Kakak ini sungguh terlalu amat cerewet, aku ditanyai dengan bejibun-jibun pertanyaan yang jelas tak ada pilihan A, B,C, D nya seperti ujian UAN, atau petunjuk teknis seperti ujian snmptn. Jawaban A, untuk (1) dan (3) benar, jawaban B, untuk (2) dan (4) benar atau E tak ada yang benar. Atau setidaknya seperti di kuis who wants to be a millionaire yang ada fifty-fiftynya atau phone a friend. Tak, tak ada tak ada.. huftt…
Untung pas gue ditanya-tanya, diatas meja gak ada sedotan minuman atau tusuk gigi(emang rumah makan), coba kalo ada, pasti udah gue ancem tu si KP pake jurus tusuk gigi, “awas, mundur gak loe, jangan tanya-tanya gue, lu udah tau kan? ngapaen lu nanya-nanya gue.. mundur.. mundur.. kalo gak gue tusuk pake tusuk gigi…
gak kebayang pasti si KP keringetan and ketakutan setengah idup sambil angkat tangan dan jerit-jerit, “ampun.. ampun..”
Akhirnya dengan menggunakan jurus seenak bacot + pengalaman dan ingatan masa lalu + logika, aku pun memperoleh sebuah sertifikat. Dengan peluh keringat aku berjuang demi sehelai kertas yang mahal ini, yang bermerek SERTIFIKAT. Aku heran kenapa kertas-kertas di Indonesia sangat mahal, pantas rakyatnya miskin. Aku juga lupa sertifikat apa, yang  jelas itu sertifikat. Ada tulisan gede-gedenya di atas. Ada niat buat baca ini sertifikat apa, tapi aku udah diatas motor waktu itu, jadi susah bacanya(soalnya lagi bawa motor) dan kuurungkan niatku dan segera meluncur untuk tes kesehatan ke kantor polisi. Setiap singgah dipersinggahan, mereka yang berseragam itu selalu meminta uang, uang untuk coretan-coretan jelek, yang coretan anak TK lebih bagus dari pada tulisan dia.
Coba seandainya kalo gue yang jadi pejabat, kayak kapolres giTu. Pasti gue bakal bikin peraturan baru yang revolusioner. Peraturan mahadahsyat yang akan merubah kehidupan masyarakat. Peraturannya, Siapa yang dengan niat tulus ikhlas, jujur dan suka menolong oranglain, M-A-U bikin SIM, bakal dikasih uang untuk tiap “persinggahan”, horee.. pasti kantor polisi pada rame nunggu jatah pembagian uang buat rakyat jelata alias rakyat jelalatan-kalo-ngeliat-uang.
Ato, peraturan barunya berupa masalah persyaratan, persyaratan yang dibutuhkan gak usah pake sertifikat dan cek kesehatan segala, karena kalo dia gak sehat alias sakit gak mungkin dia bisa datang ke kantor ini jauh-jauh dari rumah mending kalo sakit istirahat dirumah, mending persyaratannya pake pengalaman aja, kayak melamar pekerjaan giTu.
Persyaratan untuk mengurus SIM ala gue:
1.       Pria/wanita yang berumur 17 tahun keatas. (yang banci gak boleh berarti)
2.       Berbadan sehat dan punya pemikiran sehat (gue??)
3.       Punya kendaraan (ya iyalah)
4.       Mempunyai pengalaman.
Gue yakin dengan persyaratan seperti ini bakal rame yang bikin SIM di+ lagi yang bikin dikasih uang.. bujubuneng… senengnya…
Saking ramenya, dikantor polisi pasti bakal terjadi ricuh.
Berikut ilustrasinya :
Bapak A : “gue duluan.. gue duluan..” (sambil motong antrian)
Bapak B : “ngantri donk…”
Pak Pol : “apa itu ribut-ribut?”
Bapak A : saya duluan pak, saya sudah melengkapi persyaratan dan punya lebih banyak pengalaman dari lainnya.
Pak Pol : “apa pengalaman anda?”
Bapak A : “pengalaman saya banyak pak, saya udah sering kecelakaan, satu kali patah tangan, 3 kali gegar otak, 7 kali masuk empang, 3 kali nyundul mobil yang lagi parkir, dan kemarin hampir nabrak ibu-ibu hamil yang mau nyebrang..
Pak Pol : “bagus.. bagus, anda kaya dengan pengalaman, Bapak B tolong anda mundur dulu, kita persilahkan bapak A duluan.
Bapak B : ?+/,,)#.,@87*/???
Setelah cek kesehatan, untung gak ada cek cacingan, isi data diri, terus poto dikit sambil naik motor gede(gaya-gayaan), trus nunggu. Akhirnya gue dipanggil ke ruangan kecil buat entri data kayak entri data e-ktp gitu yang disono udah pada rame penunggunya(kayak setan aja). Diruang itu, gue duduk. Pas pintunya ditutup gue liat ternyata dibelakang pintu itu ada poster keren banget, sumpah, posternya upin ipin. Gue mikir, ne pak pol tampangnya sangar-sangar ternyata dalemnya teteeepp.. upin ipin, gue senyam- senyum sendiri. Terus gue dipoto lagi, dasar nasib jadi artis banyak aja yang minta poto…
Pas udah selese gue mau keluar ruangan, penyakit lupa gue ternyata kumat lagi, gue salah masuk ruangan, gue masuk ruang tilang. Sialan!
Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar